• About UGM
  • Academic Portal
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Pusat Studi Pariwisata
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Tentang PUSPAR
  •  
  •  
  •  
  • Kegiatan
  • id
    • en
    • id
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Studi/Penelitian
  • 2018
  • SURVEY KEPUASAN WISATAWAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018

SURVEY KEPUASAN WISATAWAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018

  • 2018, Studi/Penelitian
  • 19 March 2020, 01.41
  • Oleh: HenryDitlit
  • 0

Ketua Tim: Dr. Dyah Mutiarin.

Koordinator: Sotya Sasongko, S.Sos, M.Si.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan Puspar UGM  tahun 2018. Kota Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit pada saat liburan akhir pekan, hari raya maupun liburan sekolah. Kunjungan wisatawan senantiasa meningkat dari tahun ke tahun dimana pada tahun 2014 sebanyak 3.007.253 wisatawan, dan tahun 2016 sebanyak 3.304.236. Kota Yogyakarta merupakan memiliki daya tarik wisata yang menarik dan beragam, mudah dicapai dengan transportasi darat dan udara, memiliki fasilitas penunjang yang memadai serta telah memiliki brand image yang kuat sebagai destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan kajian terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan di Kota Yogyakarta. Kepuasan wisatawan merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan kepariwisataan, sekaligus berdampak positif terhadap promosi, karena wisatawan yang puas akan bercerita kepada sanak saudara, teman dan relasinya tentang pengalaman berwisata yang memuaskan, sehingga menarik minat saudara, teman dan relasinya tersebut untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta. 

Penjaringan data dilakukan menggunakan kuisioner secara acak (random) terhadap 1050 wisatawan yang berkunjung pada 6 Daya Tarik Wisata di Kota Yogyakarta yaitu: Kraton, Taman Pintar, Gembira Loka Zoo, Tamansari, XT Square dan Malioboro. Secara keseluruhan wisatawan merasa puas atas keamanan, ketertiban, keunikan, pelayanan dan keramahan petugas, keindahan dan tarif berwisata di Kota Yogyakarta.  Namun ada pula beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya adalah: kebersihan, kesejukan, petunjuk arah (informasi) yang jelas, kelancaran perjalanan (penanggulangan kemacetan lalu lintas) dan tempat parkir yang representatif. Rekomendasi ini perlu ditindaklanjuti oleh pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat di Kota Yogyakarta, agar wisatawan yang berkunjung semakin puas.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

  • Call For Paper Jurnal Nasional Pariwisata
  • Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Ripparda)
  • Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Perlu Kembangkan Wisata Weekdays
  • Puspar UGM Prediksi Sektor Kuliner hingga Budaya Akan Banyak Diminati Wisatawan Saat Liburan
  • Pelatihan Dasar Kepariwisataan

PusparUGM Tweet

Tweets by puspar_ugm

Universitas Gadjah Mada

©

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju