Tren wisata di dunia mulai berubah. Destinasi pariwisata serta teknologi mempengaruhi cara masyarakat mengakses wisata serta rekreasi. Tidak hanya itu saja perkembangan teknologi khususnya informasi dan komunikasi secara tidak langsung juga mempengaruhi selera dan cara bisnis pariwisata berkembang.
Puspar UGM menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital destinasi pariwisata bekerja sama dengan Universitas Merdeka Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28-29 Oktober 2022 secara tatap muka dengan metode penyampaian materi, diskusi interaktif dan studi lapangan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh kepala Puspar UGM, Dr. Mohamad Yusuf, MA. Narasumber pelatihan ini menghadirkan para praktisi pemasaran digital, peneliti dan akademisi yang terkait dengan pemasaran digital pariwisata. Pengajar pada pelatihan ini yaitu Prof. Ir. Tarcicius Yoyok Wahyu Subroto, M.Eng., Ph.D., IPU, Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc., Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si, dan Ferry Teguh S, S.T. Peserta pelatihan adalah dosen dari Universitas Merdeka Malang.
Materi yang disampaikan antara lain trend tourism, analisis pasar untuk menghadapi pemasaran digital di wilayah masing-masing, mindset digital marketing, konten kreatif produk wisata dan media promosi, optimalisasi website, SEO, media sosial dan promosi dengan paid ads di media digital.
Bukan hanya materi kelas yang disampaikan, peneliti Puspar UGM Dr. Destha Titi Raharjana, S.Sos, M.Si mendampingi dan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk studi lapangan ke Desa Wisata Nglanggeran.
Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal dan mancanegara, menjangkau target pasar yang lebih luas, dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.