• About UGM
  • Academic Portal
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Pusat Studi Pariwisata
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Tentang PUSPAR
    •  Visi & Misi
    •  Struktur Organisasi
    • Tenaga Ahli
    •  Keahlian
  • Kegiatan
    • Studi/Penelitian
    • Publikasi
    • Pelatihan
    • Seminar
    • Berita
  • Perpustakaan
  • JURNAL NASIONAL PARIWISATA
  • id
    • en
    • id
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Pelatihan
  • TEMA PELATIHAN 4: PENGEMBANGAN WISATA BAHARI BERKELANJUTAN

TEMA PELATIHAN 4: PENGEMBANGAN WISATA BAHARI BERKELANJUTAN

  • Pelatihan
  • 18 May 2020, 02.47
  • Oleh: HenryDitlit
  • 0
Tema Pelatihan 4 PENGEMBANGAN WISATA BAHARI BERKELANJUTAN
Latar Belakang Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia dan dilimpahi kekayaan kepulauan dan bahari yang sangat kaya. Laut Indonesia menyediakan keragaman hayati dan keindahan yang mampu menarik kunjungan wisata. Sektor pariwisata bahari yang memiliki prospek untuk mendatangkan devisa bila mampu dikelola dengan maksimal. Sepatutnya, paradigma pengelolaan kekayaan bahari kita sudah tidak lagi mengambil dari alam namun justru diarahkan kepada tindakan pelestarian/konservasi. Bukan itu saja, upaya pengembangan patut dilengkapi dengan kemampuan pengurangan resiko bencana (PRB), khususnya bagi pengelola dan masyarakat di sekitar kawasan kepulauan. Untuk itulah, diperlukan strategi cerdas dalam upaya pengembangan bahari di nusantara ini agar lebih bernilai ekonomis dan konservatif.
Sasaran yang diharapkan Peserta :

  1. Bersinergi dengan bersama pemerintah guna mengelola potensi wisata bahari melalui metode pelestarian, konservasi dan pengembangan berbagai daya tarik lainnya.
  2. Menerapkan teknik pemberdayaan bagi masyarakat kepulaun dalam rangka pengembangan wisata bahari.
  3. Memahami dan menerapkan standar pengurangan resiko bencana di kawasan wisata bahari
  4. Menerapkan strategi pemasaran berbasis IT dalam mendukung wisata bahari secara berkelanjutan.
Materi Ajar Bahan Pembelajaran :

  1. Pengenalan seputar pariwisata bahari
  2. Produk dan market pariwisata bahari
  3. Pengarusutamaan PRB dalam pengembangan pariwisata bahari
  4. Pemanfaatan IT dalam pemasaran pariwisata bahari
  5. Pengembangan partisipasi masyarakat pesisir dalam pariwisata bahari
Metode Pelatihan Komposisi :

50 % Teori diskusi di kelas dan 50%  Kunjungan Lapangan

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

  • Penyusunan Masterplan Daya Tarik Wisata
  • Call For Paper Jurnal Nasional Pariwisata
  • Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Ripparda)
  • Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Perlu Kembangkan Wisata Weekdays
  • Puspar UGM Prediksi Sektor Kuliner hingga Budaya Akan Banyak Diminati Wisatawan Saat Liburan
Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Pariwisata
Universitas Gadjah Mada

Kompleks Bulaksumur D-8, Yogyakarta,
55281 Indonesia

Email: ps.pariwisata@ugm.ac.id
Telp/Fax : (+62) 274 564-138

WhatsApp : +62 87829709745

© Puspar, Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju