• About UGM
  • Academic Portal
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Pusat Studi Pariwisata
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Tentang PUSPAR
    •  Visi & Misi
    •  Struktur Organisasi
    • Tenaga Ahli
    •  Kegiatan
  • Kegiatan
    • Studi/Penelitian
    • Publikasi
    • PELATIHAN
    • Seminar
  • Perpustakaan
  • Jurnal Nasional Pariwisata
  • Beranda
  • Agenda
  • SEMINAR SERIES PUSAT STUDI PARIWISATA UGM

SEMINAR SERIES PUSAT STUDI PARIWISATA UGM

  • Agenda, Kegiatan, Seminar
  • 18 May 2021, 16.16
  • Oleh: PusparUGM
  • 0
Tweet

Virtual seminar series ini terdiri dari dua sesi, yaitu: sesi pertama yang mengangkat tema utama yaitu Revitalisasi manajemen dan navigasi para pemasar destinasi pada masa pandemi Covid-19, dan sesi kedua yang merupakan webinar ketiga dari serial seminar Tourism destinations after COVID-19? Tools, methods, strategies and instruments for building Yogyakarta back better.

Waktu pelaksanaan pada 21 Mei 2021 pukul 13.00-18.00 WIB, di aplikasi Zoom

Keynote speech : Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

 

Latar Belakang

Dalam kondisi normal, pariwisata tetap menjadi salah satu pengungkit ekonomi yang kuat dengan efek dan magnitude yang berbeda pada tingkat global, regional, nasional, dan lokal. Namun, pandemi Covid-19 secara nyata meredupkan seluruh aktivitas pariwisata hingga sekarang. Dampaknya sangat luas dan parah terhadap seluruh aktivitas ekonomi langsung maupun tidak langsung. Kerugian ekonomi dan sosial akibat terhentinya perjalanan wisata antara daerah dan negara hampir tidak terhitung. Kerugian ini diprediksi akan terus bertambah akibat pandemi Covid-19 belum bisa ditangkal secara sempurna. Artinya, pariwisata juga akan menghadapi ketidakpastian.

Dalam hal ini, manajemen destinasi perlu mendapat perhatian yang serius karena fungsinya yang sangat vital dalam masa recovery. Manajemen destinasi berperan sebagai navigator yang mengarahkan pergerakan seluruh aktivitas inti pariwisata. Namun, peran itu melemah akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini menjadi titik kritis pariwisata secara keseluruhan dan perlu dijadikan sebagai alasan kuat bagi semua pemangku kepentingan untuk mencari terobosan untuk mereduksi tingkat keparahan kepariwisataan sekaligus menemukan celah peluang.

Salah satu langkah yang perlu ditindaklanjuti adalah revitalisasi manajemen destinasi. Revitalisasi bermaksud untuk mengoptimalkan kekuatan sumber daya destinasi agar semakin membentuk citra positif. Citra melekat kuat pada destinasi, sehingga perubahan-perubahan positif citra tersebut akan menjadi faktor pengungkit permintaan perjalanan dari segmen pasar wisatawan. Pembentukan citra inilah yang merupakan langkah strategis pertama dengan cara merevitalisasi manajemen destinasi. Pada masa pandemi, pembentukan citra positif destinasi bergantung pada kapasitas manajemen untuk menerapkan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) secara konsisten dan terukur.

Membentuk citra positif destinasi ibarat menjelajahi samudera perilaku atau tuntuan pasar wisatawan yang sangat dinamis dan ikut terdisrupsi pada masa pandemi. Di sinilah navigasi perlu bagi para pemasar destinasi. Contoh yang menonjol adalah fakta, bahwa jaminan praktik CHSE di destinasi berada pada ranking teratas sebagai syarat untuk mengunjungi destinasi. Ketidakpatuhan pada protokol kesehatan baik oleh host maupun wisatawan sendiri di destinasi dipandang sebagai pengabaian praktik manajemen yang handal. Para pemasar destinasi membutuhkan navigator yang memampukan mereka memberikan layanan yang bermutu terbaik kepada wisatawan. Hal ini sangat krusial, karena kredibilitas manajer dan marketer diklaim sebagai salah satu pembentuk citra unggul destinasi pariwisata (Bergman, dkk., 2020).

Berdasarkan deskripsi fakta di atas, maka perlu dirumuskan langkah-langkah strategis untuk merevitalisasi manajemen destinasi pariwisata agar responsif dan akseleratif menghadapi risiko pandemi Covid-19. Revitalisasi berfokus pada manajemen produk dan strategi pemasaran yang sama-sama terdisrupsi oleh pandemi tersebut.


1. Webinar Sesi Pertama

Revitalisasi manajemen dan navigasi para pemasar destinasi pada masa pandemi Covid-19

Waktu pelaksanaan

  • Mei 2021 pukul 13.00-15.30 WIB.

Topik

  1. Kebijakan revitalisasi manajemen destinasi pariwisata pada destinasi pariwisata utama (super prioritas)
  2. Navigasi program pemasaran destinasi pariwisata pada masa pandemi: menjawab kebutuhan pasar
  3. Praktik CHSE di destinasi: tantangan dan respon pasar wisatawan
  4. Kebangkitan pariwisata Indonesia: strategi kolaborasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam masa pandemi.

Narasumber

Keynote Speaker : Dr. Sandiaga S. Uno, MBA., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Barekraf.

Narasumber 1       : Dr. Frans Teguh, MA., Plt. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf/Barekraf

Narasumber 2       : Dr. Agus Rochiyardi, M.M., Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur.

Narasumber 3      : Drs. H. Didien Junaedy (Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata
Indonesia (GIPI)

Moderator

Prof. Dr.-Phil. Janianton Damanik, M.Si., Kepala Pusat Studi Pariwisata UGM.


2. Webinar Sesi Kedua

Tourism destinations after COVID-19? Tools, methods, strategies and instruments for building Yogyakarta back better

Waktu pelaksanaan

21 Mei 2021 pukul 16.00-18.00 WIB.

Topik

A toolbox for destination development and visitor management, dengan sub topik sebagai berikut:

  1. Introduksi: kesulitan dalam mengembangkan dan mengelola destinasi
  2. Pemetaan pemangku kepentingan untuk memahami pembuat kebijakan di destinasi
  3. Laporan UNWTO tentang overtourism (11 strategi dan 89 instrumen)
  4. Valuable tourism report (Dutch Council for the environment and infrastructure)
  5. Praktek terbaik di dunia.

Narasumber

Narasumber 1: Menno Stokman MA, PUM Netherlands Senior Experts.

Narasumber 2: Dr. Jasper Heslinga, PUM Netherlands Senior Experts.

Moderator

Dr. Yulia Arisnani Widyaningsih, Pusat Studi Pariwisata UGM.

Registrasi Peserta: http://ugm.id/pusparUGM 

Informasi lebih lanjut: Candra (+62 813-3475-0535)

Tweet

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts

  • Visi & Misi
  • Policy Brief Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Blora
  • Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata
  • Pelatihan Teknik Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah
  • Seminar Series Kepariwisataan

PusparUGM Tweet

Tweets by puspar_ugm

Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Pariwisata
Universitas Gadjah Mada

Kompleks Bulaksumur D-8, Yogyakarta,
55281 Indonesia

Email: ps.pariwisata@ugm.ac.id
Telp/Fax : (+62) 274 564-138

WhatsApp : +62 87829709745

© Puspar, Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju